Wednesday 27 November 2013

RPP Bahasa Inggris berkarakter kelas 5 SD semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)




NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/2
Standar Kompetensi : 5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 5.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks sekolah
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan secara berterima
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
  • Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
  • Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik tentang mendeskripsikan seseorang, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka mendeskripsikan seseorang dalam bahasa Inggris.
      1. Kegiatan Inti
    • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    • Siswa dapat Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks sekolah
    • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    • Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan melakukan tindakan sesuai dengan perintah yang diberikan.
    • Sebagai latihan awal, siswa dapat melakukan tindakan secara klasikal.
    • Untuk latihan lanjutan, guru memanggil nama siswa secara acak dan meminta siswa untuk melakukan instruksi yang diberikan secara individual untuk mengetahui sejauh mana siswa telah memahami instruksi tersebut.
    • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
    • Guru meminta siswa satu per satu untuk memberikan instruksi dan meminta siswa yang lain memperagakannya.
    • Guru meminta siswa untuk mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.




Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
  2. Gambar-gambar yang berkaitan dengan materi ajar
  3. Rekaman kaset/CD
  4. Buku-buku lain yang relevan






Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Merespon dengan melakukan tindakan secara berterima

Unjuk kerja



Responding

Listen and describe
Kaset/CD: (memberikan deskripsi beberapa orang)
Siswa: (menulis deskripsi orang yang didengar)




FORMAT KRITERIA PENILAIAN
  • Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


  • Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.






2.






3.
Pengetahuan






Praktek






Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan


* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif


* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1


4
2
1


4
2
1


  • LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.









CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.






............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris






.................................. ..................................
NIP : NIP :

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...