Wednesday 27 November 2013

RPP Bahasa Inggris berkarakter kelas 5 SD semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)




NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : V/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 1.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan sekolah
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan secara berterima
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
  • Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
  • Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik menyebutkan waktu, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris.
    1. Kegiatan Inti
    • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    • Siswa diminta membuka buku pada halaman materi yang akan dipelajari.
    • Pada halaman tersebut, terdapat jam-jam yang harus dipilih sesuai dengan waktu yang tepat.
    • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    • Siswa diminta mendengarkan kaset/CD dan memilih gambar jam yang tepat sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD.
    • Guru dapat memutar kaset/CD dua kali agar siswa dapat lebih yakin dengan jawabannya.
    • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
    • Guru membahas jawaban siswa secara bersama-sama. Sebelumnya, guru dapat meminta siswa untuk membandingkan jawabannya dengan teman yang duduk di sebelahnya.
    • Jawaban tidak hanya harus benar, tetapi siswa juga harus dapat menulis dengan ejaan yang benar.


Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
  2. Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
  3. Rekaman kaset/CD
  4. Buku-buku lain yang relevan


Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Merespon dengan melakukan tindakan secara berterima

Unjuk kerja







Responding











Listen and circle the correct time.












Kaset/CD: It’s half past three.
Siswa: (melingkari gambar jam 3.30)



FORMAT KRITERIA PENILAIAN
  • Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1






  • Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.






2.






3.
Pengetahuan






Praktek






Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan


* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif


* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1


4
2
1


4
2
1


  • LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.









CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
        • Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.




............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris






.................................. ..................................
NIP : NIP :

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...