RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH :
_____________________
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
V/1
Standar Kompetensi :
1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam
konteks sekolah
Kompetensi Dasar :
1.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara
berterima dalam konteks kelas dan sekolah
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit
Tujuan
Pembelajaran** : Siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan
secara berterima
Karakter siswa
yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab (
responsibility )
Berani ( courage
)
Metode
Pembelajaran : Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara
berterima
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi :
- Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
- Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik menyebutkan waktu, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris.
- Kegiatan Inti
- Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
- Siswa diminta membuka buku pada halaman materi yang akan dipelajari.
- Pada halaman tersebut, terdapat jam-jam yang harus dipilih sesuai dengan waktu yang tepat.
- Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
- Siswa diminta mendengarkan kaset/CD dan memilih gambar jam yang tepat sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD.
- Guru dapat memutar kaset/CD dua kali agar siswa dapat lebih yakin dengan jawabannya.
- Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
- Guru membahas jawaban siswa secara bersama-sama. Sebelumnya, guru dapat meminta siswa untuk membandingkan jawabannya dengan teman yang duduk di sebelahnya.
- Jawaban tidak hanya harus benar, tetapi siswa juga harus dapat menulis dengan ejaan yang benar.
Alat/Sumber
Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
- Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
- Rekaman kaset/CD
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
Merespon dengan
melakukan tindakan secara berterima
|
Unjuk kerja
|
Responding
|
Listen and
circle the correct time.
Kaset/CD:
It’s half past three.
Siswa:
(melingkari gambar jam 3.30)
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
- Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian
besar benar
* sebagian
kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
- Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif
Praktek
*
kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
- LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
- Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP :
No comments:
Post a Comment