RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH :
_____________________
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
IV/1
Standar Kompetensi :
1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam
konteks kelas
Kompetensi Dasar :
1.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara
berterima dalam konteks kelas
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit
Tujuan
Pembelajaran** : 1. Siswa dapat melengkapi dialog-dialog yang masih
kosong
2. Siswa dapat
mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD
3. Siswa dapat
melengkapi dan memperagakan dialog
Karakter siswa
yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab (
responsibility )
Berani ( courage
)
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa melengkap dialog-dialog yang masih kosong
2. Siswa
mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD
3. Siswa
melengkapi dan memperagakan dialog
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi :
- Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
- Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
- Kegiatan Inti
- Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
- Siswa diminta membuka buku pada halaman materi yang akan dipelajari.
- Pada halaman tersebut, terdapat dialog-dialog yang perlu dilengkapi.
- Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
- Siswa diminta bekerja sama dengan yang teman yang duduk di sebelahnya untuk menebak isi dari titik-titik dialog yang masih kosong.
- Pada saat mendengar, siswa mengisi titik-titik yang masih kosong.
- Guru dapat memutar kaset/CD dua kali agar siswa dapat lebih yakin dengan jawabannya.
- Jika materi yang dipelajari tentang mewarnai gambar, siswa diminta untuk menyiapkan pensil warna sebelum mulai mendegarkan kaset/CD.
- Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
- Guru membahas jawaban siswa secara bersama-sama. Sebelumnya, guru dapat meminta siswa untuk membandingkan jawabannya dengan teman yang duduk di sebelahnya.
- Jawaban tidak hanya harus benar, tetapi siswa juga harus dapat menulis dengan ejaan yang benar atau kalau mewarnai, siswa harus dapat mewarnai gambar dengan warna yang benar.
- Guru meminta siswa untuk memperagakan dialog-dialog yang baru mereka lengkapi dengan teman-temannya. Siswa dapat melakukannya di tempat duduk masing-masing.
- Selama siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan memastikan siswa memperagakan dialog dengan benar.
Alat/Sumber
Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
- Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
- Rekaman kaset/CD
- Buku-buku lain yang relevan
- Script percakapan
Penilaian:
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
|
|
|
Listen and
complete the dialogues.
A: Good
_______.
B:
___________________.
Listen and
colour the pictures.
(terdapat
gambar yang harus diwarnai siswa)
Listen,
complete and act out the dialogues.
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
- Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian
besar benar
* sebagian
kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
- Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif
Praktek
*
kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
- LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
- Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP :
No comments:
Post a Comment