Wednesday 27 November 2013

RPP Bahasa Inggris berkarakter kelas 4 SD semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)




NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IV/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 1.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat melengkapi dialog-dialog yang masih kosong
2. Siswa dapat mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD
3. Siswa dapat melengkapi dan memperagakan dialog
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melengkap dialog-dialog yang masih kosong
2. Siswa mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD
3. Siswa melengkapi dan memperagakan dialog


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
  • Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
  • Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
    1. Kegiatan Inti
    • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    • Siswa diminta membuka buku pada halaman materi yang akan dipelajari.
    • Pada halaman tersebut, terdapat dialog-dialog yang perlu dilengkapi.
    • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    • Siswa diminta bekerja sama dengan yang teman yang duduk di sebelahnya untuk menebak isi dari titik-titik dialog yang masih kosong.
    • Pada saat mendengar, siswa mengisi titik-titik yang masih kosong.
    • Guru dapat memutar kaset/CD dua kali agar siswa dapat lebih yakin dengan jawabannya.
    • Jika materi yang dipelajari tentang mewarnai gambar, siswa diminta untuk menyiapkan pensil warna sebelum mulai mendegarkan kaset/CD.
    • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
    • Guru membahas jawaban siswa secara bersama-sama. Sebelumnya, guru dapat meminta siswa untuk membandingkan jawabannya dengan teman yang duduk di sebelahnya.
    • Jawaban tidak hanya harus benar, tetapi siswa juga harus dapat menulis dengan ejaan yang benar atau kalau mewarnai, siswa harus dapat mewarnai gambar dengan warna yang benar.
    • Guru meminta siswa untuk memperagakan dialog-dialog yang baru mereka lengkapi dengan teman-temannya. Siswa dapat melakukannya di tempat duduk masing-masing.
    • Selama siswa melakukan kegiatan ini, guru mengitari siswa dan memastikan siswa memperagakan dialog dengan benar.


Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
  2. Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
  3. Rekaman kaset/CD
  4. Buku-buku lain yang relevan
  5. Script percakapan


Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
  • Merespon dengan melengkapi dialog-dialog yang masih kosong
  • Merespon dengan mewarnai gambar sesuai dengan apa yang didengar dari kaset/CD
  • Merespon dengan melengkapi dan memperaga- kan dialog



  • Tes tulis










  • Tes tulis


  • Unjuk kerja

  • Melengkapi dialog








  • Mewarnai gambar
  • Responding
Listen and complete the dialogues.


A: Good _______.
B: ___________________.


Listen and colour the pictures.


(terdapat gambar yang harus diwarnai siswa)


Listen, complete and act out the dialogues.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN
  • Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1


  • Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.






2.






3.
Pengetahuan






Praktek






Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan


* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif


* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1


4
2
1


4
2
1


  • LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.









CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
        • Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.








............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris






.................................. ..................................
NIP : NIP :

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...