RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : _____________________
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
III/2
Standar Kompetensi :
5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam
konteks sekolah
Kompetensi Dasar :
5.1 Merespon dengan mengulang kosakata atau kalimat baru dalam
berbagai permainan dengan
ucapan lantang
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit
Tujuan
Pembelajaran** : 1. Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya
dengan suara lantang
2. Siswa dapat
mengulang apa yang didengarnya dengan pengucapan bahasa Inggris yang
benar
Karakter siswa
yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab (
responsibility )
Berani ( courage
)
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang
kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau
didengar dari kaset/CD
2.
Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata
dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari
kaset/CD
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi :
- Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
- Guru bertanya pada siswa apakah mereka mengetahui nama-nama benda yang ada dalam gambar.
- Kegiatan Inti
- Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
- Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
- Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
- Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
- Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
- Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
- Guru menunjuk setiap siswa secara acak untuk menyebutkan apa yang diucapkan guru dengan lantang (kegiatan ini dilakukan dengan cepat).
- Guru meminta siswa untuk mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.
Alat/Sumber
Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 3, Esis
- Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
- Rekaman kaset/CD
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
|
Tes lisan
|
Merespon dengan
mengulang secara lisan
|
Listen to the
words and repeat.
Guru:
Cycling.
Murid:
(mengulang dengan ucapan lantang)
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
- Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian
besar benar
* sebagian
kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
- Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif
Praktek
*
kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
- LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
- Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP :
No comments:
Post a Comment