Wednesday 27 November 2013

RPP Bahasa Inggris berkarakter kelas 3 SD semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)




SD : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : III/2
Standar Kompetensi : 5. Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar : 5.1 Merespon dengan mengulang kosakata atau kalimat baru dalam berbagai permainan dengan ucapan lantang
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1. Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya dengan suara lantang
2. Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
2. Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
    • Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
    • Guru bertanya pada siswa apakah mereka mengetahui nama-nama benda yang ada dalam gambar.
      1. Kegiatan Inti
    • Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    • Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
    • Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    • Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
    • Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
    • Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
    • Guru menunjuk setiap siswa secara acak untuk menyebutkan apa yang diucapkan guru dengan lantang (kegiatan ini dilakukan dengan cepat).
    • Guru meminta siswa untuk mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.


Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan, jilid 3, Esis
  2. Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
  3. Rekaman kaset/CD
  4. Buku-buku lain yang relevan


Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
  • Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
  • Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar

Tes lisan

Merespon dengan mengulang secara lisan

Listen to the words and repeat.
Guru: Cycling.
Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)



FORMAT KRITERIA PENILAIAN
  • Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


  • Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.






2.






3.
Pengetahuan






Praktek






Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan


* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif


* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1


4
2
1


4
2
1


  • LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.









CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
        • Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.




............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris






.................................. ..................................
NIP : NIP :

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...