SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ..................
Mata Pelajaran : MATEMATIKA 5A
Kelas/Program : V
Semester : Ganjil
Alokasi Waktu :
38 x 30 menit
Standar
Kompetensi : 1. Melakukan operasi
hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat
termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran
|
Sifat Operasi
hitung bilangan bulat
o Penggunaan sifat komutatif, Asosiatif, dan
Distributif
o Pembulatan bilangan dalam satuan, puluhan,
dan ratusan terdekat
o Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan
|
o Memahami sifat operasi komutatif pada
penjumlahan
a + b = b + a
2 + 3 = 3 + 2
5 =
5
o Mengerjakan latihan 1 s.d 14
o Memahami sifat operasi komutatif pada
perkalian
a
x b = b x a
2
x 3 = 3 x 2
6
= 6
o Mempelajari contoh Hlm. 5
o Memahami sifat operasi asosiatif pada
penjumlahan
o Mempelajari contoh Hlm.6
o Memahami sifat operasi asosiatif pada
perkalian
o Mempelajari contoh Hlm. 7, 8
o Mempelajari sifat distribusi
a
x (b + c) = (a x b) + (a x c)
a
x (b – c) = (a x b) – (a x c)
o Membulatkan bilngan ke satuan terdekatnya.
Jika angka per sepuluhannya 1, 2, 3 dan 4 maka dihilangkan. Jika angka per
sepuluhannya 5, 6, 7, 9 maka dibulatkan menjadi 1
o Membulatkan bilngan ke puluhan terdekatnya
o Membulatkan bilangan ke ratusan terdekatnya.
o Mempelajari cara menaksir hasil penjumlahan,
pemgurangan, perkalian, pembagian
|
o
Menggunakan
sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara
efisien
o
Membulatkan
bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
o
Menaksir
hasil operasi hitung dua bilangan
|
Tugas IndVidu
dan Kelompok
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
Latihan 1 Hlm.3
Latihan 2
Hlm. 4
Latihan 3 Hlm.5
Latihan4
Hlm.6
Latihan 5
Hlm. 7
Latihan6
Hlm. 9
Latihan7
Hlm. 10
Latihan8.
Hlm. 11
Latihan9
Hlm. 11
Latihan10
Hlm. 13
Latihan11
Hlm. 15
Latihan12
Hlm. 16
Latihan13
Hlm. 17
Latihan14
Hlm. 18
Latihan
pengayaan
|
10 jp
|
Sumber:
Buku
MATEMATIKA
5A
Alat:
-
Buku
|
1.2. Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK
dan FPB
|
KPK dan FPB
o Penggunaan KPK dan FPB untuk memecahkan
masalah sehari-hari
o Penggunaan KPK dan FPB untuk memecahkan
masalah sehari-hari
|
o
Mempelajari contoh mencari faktor prima Hlm.
20
56 = 2 x 2 x 2 x
7 = 22 x 7
o
Mengerjakan
latihan 1 s.d 4
o
Menentukan
KPK dari dua bilangan pada contoh hlm. 21
o
Menentukan
FPB dari dua bilangan pada contoh hlm. 22
o
Mempelajari
contoh Hlm. 23
|
o
Mengunakan
faktor prima dan faktorisasi prima untuk memecahkan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan FPB dan KPK
|
Tugas IndVidu
dan Kelompok
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
Latihan 1.
Hlm. 21
Latihan 2.
Hlm.22
Latihan 3.
Hlm.23
Latihan 4.
Hlm 24
|
4 jp
|
Sumber:
Buku
MATEMATIKA
5A
Alat:
|
1.3. Melakukan operasi hitung campuran bilangan
bulat
|
Operasi Hitung
Bilangan Bulat
o Membaca dan Menulis Bilangan Bulat (Hlm. 26)
o Operasi Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
(Hlm. 29)
o Operasi Perkalian dan pembagian bilangan
bulat positif (Hlm. 42)
o Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
melibatkan operasi hitung bilangan bulat (Hlm. 50)
|
o
Mengenal
bilangan bulat positif dan negatif dengan menggunakan garis bilangan
o
Membaca
dan menulis lambang bilangan bulat
o
Mengerjakan
latihan 1 s.d 26
o
Mengenal
lawan suatu bilangan dengan memperhatikan
o
Mempelajari
cara menjumlahkan dua bilangan positif
o
Mempelajari
cara menjumlahkan dua bilangan negatif pada contoh Hlm. 31
o
Mempelajari
cara menjumlahkan bilangan positif dan negatif
o
latihan
pengayaan Hlm. 36
o
Mempelajari
cara mengurangkan dua bilangan positif
o
Mempelajari
cara mengurangkan bilangan positif dengan bilangan negatif
o
Mempelajari
cara mengurangkan bilangan negatif dengan bilangan negatif
o
Mempelajari
cara mengalikan dua bilangan positif
(+) x (+) =
+
o
Mempelajari
cara mengalikan bilangan positif dengan bilangan negatif dan sebaliknya
(+) x (–) =
–
(–) x (+) = –
o
Mempelajari
cara mengalikan dua bilangan negatif
(–) x (–) =
+
o
Membagi
bilangan positif dengan bilangan positif
o
Mempelajari
cara membagi bilangan positif dengan bilangan negatif dan sebaliknya
(+) : (–) =
–
(–) : (+) =
–
o
Mempelajari
cara membagi dua bilangan negatif
(–) : (–) =
+
o
Mempelajari
cara menyelesaikan hitungan campuran
o
Mempelajari
cara menyelesaikan masalah segari-hari yang melibatkan operasi hitung
bilangan bulat.
|
o
Membaca
dan menuliskan bilngan bulat dalam kata-kata dan angka
o
Melakukan
operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat
o
Melakukan
operasi hitung campuran dengan bilangan bulat
o
Memecahkan
masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat
|
Tugas IndVidu
dan Kelompok
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
Uraian Objektif
|
Lat 1. Hlm. 27
Lat 2. Hlm. 28
Lat 2. Hlm. 28
Lat 4. Hlm. 29
Lat 5 Hlm. 29
Lat 7 Hlm. 29
Lat 8 Hlm. 29
Lat 10 Hlm. 33
Lat 11 Hlm. 34
Lat 6. Hlm. 30
Lat 9. Hlm. 33
Lat 12 Hlm. 35
Lat 13 Hlm. 37
Lat 14 Hlm. 38
Lat 15 Hlm. 39
Lat 16 Hlm. 40
Lat 17 Hlm. 40
Lat 18 Hlm. 42
Lat 19 Hlm. 43
Lat 21 Hlm. 44
Lat 20 Hlm. 44
Lat 22 Hlm. 46
Lat 23 Hlm. 47
Lat 24 Hlm. 48
Lat 25 Hlm. 49
Lat 27 Hlm. 51
Lat 26 Hlm. 50
|
12 jp
|
Sumber:
Buku
MATEMATIKA 5A
Alat:
-
|
1.4. Menghitung perpangkatan dan akar sederhana
|
Perpangkatan dan
Akar Sederhana
o Menuliskan perpangkatan dua sebagai perkalian
berulang (Hlm. 52)
o Operasi hiitung yang melibatkan bilangan
berpangkat dua (Hlm. 53)
o Penarikan akar pangkat dua dari bilangan
kuadrat (Hlm. 59)
o Membandingkan Bilangan bertanda akar kuadrat
dengan bilangan lain (Hlm. 61)
|
o Mempelajari contoh bilangan berpangkat dua
32 = 3 x 3 = 9
secara umum a2
= a x a
o Mempalajari contoh Hlm. 53
o Mengetahui pola bilangan kuadrat seperti 1,
4, 9, 16, 25, . .
o Mempelajari contoh penjumlahan bilangan
berpangkat dua, Hlm. 55
o Mempelajari contoh pengurangan bilangan
berpangkat dua, Hlm. 56
o Membahas latihan pengayaan
o Mempelajari contoh perkalian bilangan
berpangkat dua, Hlm. 57
o Mempelajari contoh pembagian bilangan
berpangkat dua, Hlm. 57
o Membahas teka-teki Hlm. 58
o Mempelajari contoh Hlm. 59
o Mempelajari langkah-lanmgkah mencari hasil
akar dariu suatu bilangan
o Mempalajari contoh Hlm. 60
o Mempelajari langkah-langkah untuk
membandingkan bilangan bertanda akar kuadrat dengan bilangn lain
o Mempelajari contoh hlm. 61
|
o
Mencari
hasil pemangkatan dua
o
Melakukan
operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan
berpangkat dua
o
Mengenal
arti pangkat dua dari suatu bilangan
o
Mencari
hasil penarikan perpangkatan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat
o
Melakukan
operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat
|
Tugas IndVidu
|
Laporan buku pekerjaan rumah
|
Latihan 1
Hlm. 52
Latihan 2
Hlm. 53
Latihan 3.
Hlm. 54
Latihan 4
Hlm. 55
Latihan 6
Hlm. 56
Latihan 5
Hlm. 55
Latihan 7
Hlm. 57
Latihan 8
Hlm. 56
Latihan 9
Hlm. 59
Latihan 10
Hlm. 61
Latihan 11
Hlm. 62
|
10 jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 5A
Alat:
-
|
1.5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
operasi hitung, KPK dan FPB
|
Perpangkatan dan
Akar Sederhana
o Memecahkan masalah sehari-hari yang
melibatkan akar pangkat dua dan bilangan yang berpangkat dua (Hlm. 62)
|
o
Mempelajari
contoh Hlm. 62
o
Mengerjakan
latihan 12 Hlm. 64
o
Memepelajari
contoh Hlm. 64
o
Melakukan
latihan pengayaan
|
o
Memecahkan
masalah yang melibatkan akar pangkat
|
Tugas Individu
|
Laporan
|
Latihan 12
Hlm. 64
Uji kompetensi Bab 1
Hlm. 65
|
4jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 5A
Alat:
-
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
),
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
dan Tanggung jawab ( responsibility )
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ..................
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : V
Semester : Ganjil
Alokasi Waktu :
24 x 30 menit
Standar
Kompetensi : 2. Menggunakan
pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
|||||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||||
2.1. Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan
notasi 24 jam
|
Pengukuran
Waktu
o
Menentukan
tanda waktu dengan notasi 12 jam
o
Menentukan
tanda waktu dengan notasi 24 jam
|
o
Membaca
percakapan Hlm. 68
o
Mempelajari
contoh Hlm. 69
o
Mengerjakan
latihan 1 s.d 2.
o
Memperhatikan
tanda waktu 24 jam mulai dari pukul 01.00 sampai dengan pukul 24.00.
berdasarkan pada gambar Hlm. 70 – 71
|
o
Menuliskan
tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam
|
Tugas Indvidu
|
Laporan buku pekerjaan rumah
|
Latihan 1.
Hlm. 69
Latihan 2.
Hlm. 72
|
2 jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 5A
Alat:
-
jam
dinding,
-
jam
tangan
|
|||
2.2. Melakukan operasi hitung satuan waktu
|
Pengukuran
Waktu
o Operasi hitung yang melibatkan satuan waktu
|
o
Mempelajari
contoh Hlm. 73 tentang operasi hitung yang melibatkan satuan waktu
o
Mengerjakan
latihan 3 no. 1 s.d 5 Hlm. 73
o
Mengerjakan
latihan 3 no. 6 s.d 15 Hlm. 74
|
o
Melakukan
operasi hitung satuan waktu
o
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan waktu
|
Tugas Indvidu
|
Laporan buku pekerjaan rumah
|
Latihan 3
no. 1 s.d 5
Hlm. 73
Latihan 3
no. 6 s.d 15
Hlm. 74
|
4 jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 5A
Alat:
-
|
|||
2.3. Melakukan pengukuran sudut
|
Pengukuran
Sudut
o
Menentukan
dan menaksir besar suatu sudut
(Hlm. 75)
o
Menggambar
dan mengukur besar sudut dengan busur derajat (Hlm. 79)
|
o
Menentukan
besar sudut jam dinding tiap jarak dua angka yaitu 360° : 12 = 30°
o
Mempelajari
contoh Hlm. 75
o
Mengerjakan
latihan 1 s.d 5
o
Menaksir
besar sudut dengan mengingat
o Mempelajari contoh Hlm. 77
o Mempelajari langkah-langkah dalam mengambar
sudut sebesar 50°
o Memepelajari langkah-langkah dalam mengukur
besar sudut dengan menggunakan busur derajat
|
o
Menentukan
dan menaksir besar sudut
o
Menggambar
dan mengukur sudut dengan busur derajat
|
Tugas Indvidu
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
Latihan 1.
Hlm. 76
Latihan 2.
Hlm. 78
Latihan 3.
Hlm. 80
Latihan 4.
Hlm. 81
Latihan 5.
Hlm. 81
|
4 jp
|
Sumber:
Buku
MATEMATIKA 5A
Alat:
-
Busur
derajat, penggaris, pensil, jangka
|
|||
2.4. Mengenal satuan jarak dan kecepatan
|
Pengukuran
Jarak dan
kecepatan
o Satuan Jarak (Hlm. 83)
|
o
Mempelajari
hubungan satuan jarak :
km–hm–dam–m–dm–cm–mm
o Mempelajari contoh. Hlm. 83
o Mempelajari latihan 1 s.d 8
o Mempelajari contoh Hlm. 85
o memperhatikan contoh soal Hlm. 85
o Membahas pekerjaan rumah
o Mengenal satuan kecepatan seperti :
-
km/menit
-
kilometer/detik
-
meter/jam
-
meter/menit
o Mempelajari contoh Hlm. 90
o Mempelajari pengukuran secara tidak langsung
o Memepelajari contoh Hlm. 92
|
o
Mengenal
hubungan antarsatuan jarak
o
Menghitung
satuan jarak
o
Mengenal
macam-macam satuan kecepatan
o
Mengukur
kecepatan secara tidak langsung dan langsung
|
Tugas IndVidu
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
Latihan 1
Hlm. 84
Latihan 2
Hlm. 84
Latihan 3.
Hlm. 85
Latihan 4, 5
Hlm. 86
Latihan 6
Hlm. 87
Latihan 7
Hlm. 88
Latihan 8.
Hlm. 90
|
8 jp
|
Sumber:
Buku
MATEMATIKA 5A
Alat:
|
|||
2.5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
waktu, jarak, dan kecepatan
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan jarak dan kecepatan (Hlm. 92)
|
o
Membahas
pekerjaan rumah
o
Mengerjakan
latihan 10 no. 1 s.d 5 Hlm. 92
o
Mengerjakan
latihan 11 no. 1 s.d 7 Hlm. 94
o
Memperhatikan
teka-teki Hlm. 95
|
o
Menghitung
masalah yang berkaitan denagn waktu, jarak, dan kecepatan
|
Tugas IndVidu
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
latihan 10
no. 5 s.d 10
Hlm. 92
Latihan 11
no. 8 s.d 15
Hlm. 94
Uji
kompetensi Bab 2. Hlm. 96
|
6 jp
|
Sumber:
Buku
MATEMATIKA 5A
Alat:
|
|||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
),
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
dan Tanggung jawab ( responsibility )
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SD/MI ....
(...............................................)
NIP.
|
|
........, ................................. 20......
Guru
Mapel Matematika
(...............................................)
NIP.
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ..................
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : V
Semester : Ganjil
Alokasi Waktu :
10 x 30 menit
Standar
Kompetensi : 3. Menghitung luas
bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1.
Menghitung luas trapesium dan layanglayang
|
Geometri
o
Menentukan
Luas Bangun Datar Sederhana
|
o
Menemukan
luas trapesium
o
Mengerjakan
latihan 1 s.d 4
o
Menemukan
luas layang-layang
o
Membahas
pekerjaan Rumah latihan 3 dan 4 Hlm. 104
|
o
Menemukan
Rumus Luas Trapesium dan Layang-Layang
o
Menghitung
Luas Trapesium dan Layang-Layang
|
Tugas IndVidu
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
Latihan 1
Hlm. 100
Latihan 2
Hlm. 102
Latihan 3
Hlm. 104
Latihan 4
Hlm. 104
|
6 jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 5A
Alat:
-
|
3.2.
Menyelesaik-an masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar
|
Geometri
o
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar
|
o
Mempelajari
contoh soal trapesium Hlm. 105
o
Mempelajari
contoh soal Layang-layang Hlm. 106
o
Melakukan
kegiatan Hlm. 107
o
Mengerjakan
tugas Hlm. 107
|
o Menyelesaikan masalah tentang trapesium dan
Layang-Layang
|
Tugas Indvidu
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
Kegiatan
Hlm. 107
Latihan 5
no 1 s.d 5.
Hlm. 105
Latihan 6
no 1 s.d 4.
Hlm. 106
|
4 jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 5A
Alat:
-
Kertas layangan, lem, benang.
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
),
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
dan Tanggung jawab ( responsibility )
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SD/MI ....
(...............................................)
NIP.
|
|
........, ................................. 20......
Guru
Mapel Matematika
(...............................................)
NIP.
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ..................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Program : V
Semester : Ganjil
Alokasi Waktu :
14 X 30 Menit
Standar
Kompetensi : 4. Menghitung Volume
Kubus Dan Balok Dan Menggunakannya Dalam Pemecahan Masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok Dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1. Menghitung
volume kubus dan balok
|
Geometri
o
Menemukan
volume kubus dan balok (Hlm. 108)
|
o
Mencari
volume kubus
o
Mengenal
rumus volume kubus
V kubus = luas alas x tinggi
o
Mengerjakan
latihan 1 s.d 6
o Mengenal rumus volume balok
Vbalok =panjang x lebar x tinggi
o Mempelajari contoh Hlm. 110
o Mempelajari contoh Hlm. 111
o Membahas pekerjaan rumah
o Mengenal satuan baku tentang volume
|
o Mencari Volume Kubus dan Balok
o Mengenal rumus volume kubus dan balok
o Menghitung volume kubus dan balok dengan
rumus
o Mengenal satuan volume yang baku
|
Tugas IndVidu
dan Kelompok
|
Laporan dan
unjuk kerja
Uraian Objektif
|
Latihan 1.
Hlm. 108
Latihan 2.
Hlm. 110
Latihan 3.
Hlm. 111
Latihan 4.
Hlm. 112
Latihan 5.
Hlm. 113
Latihan 6
No. 1 s.d 8
Hlm. 114
|
10 jp
|
Sumber:
Buku
MATEMATIKA 5A
Alat:
-
|
4.2. Menyelesaik-an masalah yang berkaitan
dengan volume kubus dan balok
|
Geometri
o
Menyelesaikan
|
o
Mempelajari
contoh soal kubus Hlm. 115
o
Mengerjakan
latihan 7 a.d 8.
o
Mempelajari
contoh soal Balok Hlm. 116
o
Mengerjkakan
uji kompetensi Bab 3. hlm. 117
|
o
Menyelesaikan
masalah tentang kubus dan balok
|
Tugas Indvidu
|
Laporan dan
unjuk kerja
Uraian Objektif
|
Latihan 8.
Hlm. 116
Latihan 7.
Hlm. 115
Uji Kompetensi
Bab 3
Hlm.117
|
4 jp
|
Sumber:
Buku
MATEMATIKA 5A
Alat:
-
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
),
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
dan Tanggung jawab ( responsibility )
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SD/MI ....
(...............................................)
NIP.
|
|
........, ................................. 20......
Guru
Mapel Matematika
(...............................................)
NIP.
|
No comments:
Post a Comment