RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMP.......
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Smt : VII/Gasal
Standar Kompetensi : 1.Memahami makna dalam percakapan
transaksional dan
interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 1.1. Merespon makna dalam
percakapan transaksional (to get
thing done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang
menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/orang
lain dan memerintah atau melarang.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun
( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani
( courage )
Indikator
·
Merespon sapaan orang yang belum/sudah dikenal.
·
Perkenalan diri sendiri/ orang lain.
Alokasi Waktu : 2 X 40
menit
A. Tujuan
Pembelajaran:
Setelah kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. Merespon sapaan orang belum / sudah dikenal.
2.
Merespon perkenalan dari orang lain secara berterima baik formal maupun informal.
3.
Merespon ungkapan perintah atau larangan .
B. Materi Pembelajaran
Hello!/ Hi !
Ungkapan Sapaan
Good morning / afternoon, etc.
How are you ? / How are things ?
Listen to me .
Don’t do that .
Teacher :
Good morning, class.
Students : Good morning, Sir.
Teacher :
How are you?
Students : We are fine, thank you.
Teacher :
Now listen and repeat it!
(
repeat it twice or three times)
Tom : Hi , my
name’s Tom . And you ?
Beth : Hello ,
I’m Beth . Nice to meet you .
Tom : Nice to
meet you too , Beth .
Andi : Hello, Dian. This
is Dina.
Dian : How do you do ,
Dina ?
Dina : How do you do ?
Teacher : Good morning, students.
This is Intan, your new friend.
Intan : Hello friends, nice to meet you.
C. Metode /
Teknik : TPR (Listen to
do)
D. Langkah – langkah
a.
Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanya
jawab tentang gambar
·
Tanya
jawab melibatkan berbagai ungkapan sapaan
Motivasi :
·
Menjelaskan
pentingnya materi yang akan dipelajari berikut kompetensi yang harus dikuasi
siswa
b. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari
F
Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna secara tekun
F
Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
Memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
Memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
Memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
Berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
Membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar
1.
Lingkungan kelas (real objects in the classroom)
2.
Buku-buku yang relevan
3.
Teacher-made material
LISTENING SCRIPT
1.
A : Hello, Bill, good morning
B : ….
2.
A : Hello. My name is Ronaldo.
What’s your name?
B :
I’m Jacklin. How do you do ?
A :
…?
3.
A : Hi John. How are you today?
B :
….
4.
Lisa : Hello. I’m Elizabeth. You can call me Lisa.
Dewi : Hi
Lisa. Nice to meet you.
Lisa :
….
5. Mr.Hadi : Good morning, students. How are you to day?
Students : ….
A. Listen to each conversation.
Choose the correct answer by crossing a, b, c or d.
1. A.
good morning 4. A. I’m fine
B. good afternoon
B. How are you
C. good evening C. Nice to meet you
D. good night D. How do you do
2. A.
How are you? 5. A. Good
morning,Sir.
B. How do you do B. Good morning, Miss.
C. I’m fine C. Good morning, Mam.
D. I’m very well D. Good morning
3. A.
I’m fine
B. How are you
C. How do you do
D. Nice to meet you
Kunci Jawaban
1. A 2.
B 3. A 4. C 5. A
Kriteria Penilaian
- Jawaban benar diberi nilai 2 .
- Jawaban salah diberi nilai 0 .
- Nilai maksimal 10 .
- Nilai siswa jumlah skor jawaban benar .
Batang, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMP....... Guru
Mata Pelajaran,
- Xxxxx NIP. -
No comments:
Post a Comment