Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA .............................
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Expressions of relief, pain, and pleasure
Pertemuan Ke :
A. Standar Kompetensi
Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
3. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure.
3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
§ Merespon ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure § Mengungkapkan perasaan relief, pain, dan pleasure § Mempraktekkan tindak tutur menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
· Merespon ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure
· Mengungkapkan perasaan relief, pain, dan pleasure
· Mempraktikkan tindak tutur menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
E. Materi Pokok
Gambits dan dialog yang memuat ungkapan menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
Expression of relief
|
Expression of pain |
Expression of pleasure |
| v Please, leave me alone. v I can’t tell my pain in words v It brought me a lot of miseries v My heart is so burdened v I’m so sad to hear this v I’m feeling bad at this time being
| Ø It’s wonderful. Ø How marvelous Ø I am please with it / that. Ø It’s my pleasure. Ø It gives me pleasure. Ø That’s great. Ø That terrific. Ø I am happy with …… Ø I like it. Ø I love it.
|
Dialog 1
Andika : What a terrible journey it is!
Andina : Is there any problem with your journey my husband?
Andika : Yes, I took a flight from New York to come here. When I were in the middle of the journey. My plane struck a turbulence . It shook hard and went down a couple of feet. My head hit the front chair. Look! It is wounded. I feel headache and all my body is in pain.
Andina : Thanks God. You are still alive.
Andika : Yes, thanks for the heaven. Fortunately, the pilots are the experienced ones. They can handle the problems.
Andina : Ok. Go to the bed and take a rest first.
Dialog 2
Karen : Hi, … Sally. What’s wrong with you. You look so
No comments:
Post a Comment