rpp bahasa inggris kelas 7 |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MTs. Muhammadiyah Batang
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Smt : VII/Gasal
Standar
Kompetensi : 1. Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk erinteraksi dengan
lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar :
1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat
sederhana secara lancar, akurat dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur; meminta danmemberi informasi,
mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapakan kesantunan.
Indikator : 1.2.1.
Merespon makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan meminta dan memberi
informasi.
1.2.2. Merespon
makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan ucapan terima kasih
1.2.3. Merespon
makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan meminta maaf.
1.2.4. Merespon
makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan kesantunan.
Standar Kompetensi : 3. Berbicara
Mengungkapkan makna
dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar :
3.1. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat
sederhana secara lancar, akurat dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur; meminta danmemberi informasi,
mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapakan kesantunan.
Indikator : 3.1.1.
Menggunakan makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan meminta dan
memberi informasi.
3.1.2.
Menggunakan makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan ucapan terima
kasih
3.1.3.
Menggunakan makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan meminta maaf.
3.1.4.
Menggunakan makna tindak tutur yang menyatakan ungkapan kesantunan.
Jenis Teks : Teks Transaksional/interpersonal
Aspek/Skill : Mendengarkan dan Berbicara
Alokasi Waktu : 2 X pertemuan (4 X 40 menit)
A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Pada akhir pelajaran siswa dapat;
1. Mengidentifikasi makna dan fungsi ungkapan meminta dan emberi informasi.
2. Mengidentifikasi makna dan fungsi ungkapan ucapan terima kasih.
3. Merespon ungkapan meminta dan memberi informasi.
4. Merespon ungkapan ucapan terima kasih.
5. Menggunakan ungkapan ucapan terima kasih dalam percakapan pendek sederhana.
Pertemuan 2
1. Mengidentifikasi makna dan fungsi ungkapan meminta maaf.
2. Mengidentifikasi makna dan fungsi ungkapan yang menyatakan kesantunan.
3. Merespon ungkapan meminta maaf.
4. Merespon ungkapan yang menyatakan kesantunan.
5. Menggunakan ungkapan meminta maaf.
6. Menggunakan ungkapan yang menyatakan kesantunan.
B.
Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
o Ungkapan meminta dan memberi informasi
Contoh; A :
Where is the book?
B : It’s
here.
o Ungkapan terima kasih
Contoh; A :
Thank you.
B :
You’re welcome.
o
Kosa
kata
o
Preposition :
in, on, under, behind, in front of, far from, near, over there, over
here
o
Nouns : things around the classroom and in the house
Pertemuan 2
o
Ungkapan meminta maaf
Contoh; A : I’m sorry.
B :
It’s okay.
o
Ungkapan
yang menyatakan kesantunan
Contoh; A :
Please . . . !
B : All right, thanks.
o
Kosa
kata
o
Verbs :
borrow, give, come, point, show, take, help.
o
Nouns ;
things outside the classroom and at home
C. Metode dan Teknik : TPR
and PPP
Total Physical Response (untuk pengenalan
kosa kata baru)
Presentation, Practice and Production (untuk
pembelajaran ungkapan transaksional interpersonal)
D. Langkah-langkah Pembelajaran
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanya jawab
mengenai teks tulis fungsional dan esai pendek sangat
sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan
lingkungan terdekat
Motivasi :
·
Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut
kompetensi yang harus dikuasi siswa
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F Memperhatikan penjelasan
tentang kosakata dan tatabahasa yang berkaitan dengan penulisan teks monolog
deskriptif / prosedur
F Menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Menulsi frasa-frasa,
kalimat-kalimat yang diperlukan untuk menulis teks deskriptif / prosedur.
F Memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F Memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø Berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø Membantu menyelesaikan
masalah;
Ø Memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø Memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø Memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 1
Kegiatan
awal;
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·
Tanya jawab
mengenai teks tulis fungsional dan esai pendek sangat
sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan
lingkungan terdekat
Motivasi :
·
Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi
yang harus dikuasi siswa
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F Memperhatikan penjelasan
tentang kosakata dan tatabahasa yang berkaitan dengan penulisan teks monolog
deskriptif / prosedur
F Menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Menulsi frasa-frasa,
kalimat-kalimat yang diperlukan untuk menulis teks deskriptif / prosedur.
F Memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F Memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø Berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø Membantu menyelesaikan
masalah;
Ø Memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø Memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø Memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
o
Greetings,
checking for the roll
o
Pre-test,
review
Kegiatan inti;
1.
Siswa
menebak arti kata preposisi (on, under, in front of, near, between, behind,
beside) dengan memperhatikan demonstrasi guru.
2.
Siswa
menemukan makna kosa kata (nouns around the class and the home) dengan cara
melaksanakan perintah guru dalam bahasa Inggris dengan bantuan real
object/gambar.
Contoh;
Point the book on the chair!
3.
Siswa mendengarkan
contoh dialog tentang ungkapan menerima dan memberi informasi.
4.
Siswa menjawab
pertanyaan guru tentang makna dan fungsi ungkapan meminta dan memberi
informasi.
5.
Siswa mendengarkan
contoh dialog tentang ungkapan terima kasih.
6.
Siswa menjawab
pertanyaan guru tentang ungkapan terima kasih.
7.
Siswa merespon
pertanyaan guru tentang ungkapan meminta informasi.
8.
Siswa menirukan ungkapan
meminta dan memberi informasi.
9.
Siswa menirukan ungkapan
terima kasih.
10.
Siswa menginterview
temannya dengan menggunakan instrumen tabel tentang informasi yang diminta
dengan menggunakan ugnakapan meminta dan memberi informasi serta ucapan terima
kasih.
Contoh;
Things at home
|
Your friend 1/where?
|
Your friend 2 / where?
|
TV
Clock
arm
chair
Etc.
|
……………………
……………………
……………………
……………………
|
……………………
……………………
……………………
……………………
|
A : Do
you have TV?
B :
Yes, I do.
A :
Where is it?
B : In
the living room.
A :
Thank you.
B :
You’re welcome.
Kegiatan Akhir
1.
Siswa
menebak arti kata kerja (borrow, give, come, point, show, take, help) dengan
memperhatikan demonstrasi guru.
2.
Siswa
menemukan makna kosa kata (nouns outside the class and at home) dengan cara
melaksanakan perintah guru dalam bahasa inggris dengan bantuan real object
Cont : Come here, please! Show me the school
yard, please! Point at the refrigerator!
3.
Guru
menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back berupa kesulitan apa yang
dihadapi, kesan terhadap pelajaran yang baru saja dijalani.
4.
Memberikan
penugasan di rumah untuk mempraktikkan dialog berisi ungkapan meminta dan
memberi informasi, serta ungkapan rasa terima kasih.
Pertemuan
2
Kegiatan awal
o
Greetings,
checking for the roll
o
Pre-test,
review
Kegiatan
inti
1.
Siswa
menebak arti kata kerja (borrow, give, come, point, show, take, help) dengan
memperhatikan demonstrasi guru.
2.
Siswa
menemukan makna kosa kata (nouns outside the class and at home) dengan cara
melaksanakan perintah guru dalam bahasa inggris dengan bantuan real object/gambar.
Contoh;
Come here, please!
Show me the school yard, please! Point at the refrigerator!
3.
Siswa
mendengarkan contoh dialog tentang ungkapan meminta maaf dan ungkapan
kesantunan.
4.
Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang makna dan fungsi ungkapan meminta maaf dan
ungkapan kesantunan.
5.
Siswa menjawab
pertanyaan guru tentang ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesantunan.
6.
Siswa merespon
pertanyaan guru tentang ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesantunan..
7.
Siswa bermain peran
untuk melakukan dialog bersasarkan kartu peran.
Contoh;
Student A : Kartu 1 (bunyi: Anda butuh
pinjaman uang ke temanmu)
Student B : Kartu 2 (bunyi: Anda tidak
punya uang)
Contoh dialog;
A : Excuse me.
B : Yes.
A : Can I borrow your money?
B : I’m sorry. I have no money.
A : That’s okay.
Kegiatan Akhir
1.
Guru
menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back, berupa kesulitan apa yang
dihadapi dan kesan terhaap pelajaran yang baru saja dijalani.
2.
Memberikan penugasan di
rumah untuk mempraktikkan dialog berisi ungkapan meminta dan memberi informasi,
serta ungkapan rasa terima kasih.
- Sumber Belajar
1. Contoh dialog/ungkapan-ungkapan
2. Kaset berisi teks dialog yang terkait
3. Buku teks yang digunakan yang telah disahkan oleh pihak yang berwenang
(judul, pengarang, penerbit,tahun, halaman)
- Penilaian
1. Teknik : Tes lisan
2. Bentuk : Penugasan ( Lisan dan tulis )