Wednesday 28 March 2012

Contoh RPP berkarakter bahasa Indonesia SMA

berikut ini disajikan contoh RPP berkarakter Bahasa Indonesia SMA kelas X semester 1.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SEKOLAH :

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia

KELAS : X

SEMESTER : 1

A. STANDAR KOMPETENSI :

Mendengarkan : 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung

B. KOMPETENSI DASAR :

1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)

C. MATERI PEMBELAJARAN :

Siaran (langsung) dari radio/ televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita

· Pokok-pokok isi berita

· penangapan isi berita

D. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :

No

Indikator Pencapaian Kompetensi

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif

1

Menuliskan isi siaran radio/ televisi da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.

· Bersahabat/ komunikatif

· Tanggung jawab

· Kepemimpinan

2

Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas

3

Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)

E. TUJUAN PEMBELAJARAN* :

Siswa dapat:

· Menuliskan isi siaran radio/ televisi dengan topik tertentu da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.

· Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas.

· Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)

· Menanggapi berita dengan menggunakan alasan dan bahasa yang rasional dan logis.

F. METODE PEMBELAJARAN :

§ Penugasan

§ Diskusi

§ Tanya Jawab

§ Unjuk kerja

§ Ceramah

§ Demonstrasi

untuk mendapatkan versi lengkapnya, silahkan donlot langsung sekali klik disini, tanpa iklan tanpa ribet

Contoh RPP PAI kelas X semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan :

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam Kelas/Semester : X / I

Pertemuan : 3 x pertemuan

Alokasi Waktu : 6 x 45 Menit

Standar Kompetensi :

1. Memahami ayat-ayat Al-Quran tentang manusia dan tugas-nya sebagai khalifah di bumi.

Kompetensi Dasar :

1.1 Membaca QS Al Baqarah : 30, Al - Mukminun: 12-14, Az -Zariyat: 56 dan An-Nahl: 78

1.2 Menyebutkan arti QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An-Nahl: 78

1.3 Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 30, Al-

Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An-Nahl: 78

Indikator: Siswa dapat:

1. Mampu membaca Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An Nahl:

78 dengan baik dan benar.

2. Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 7

3. Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-

14, Az-Zariyat; 56. dan An-Nahl: 78 dengan benar

4. Mampu mengartikan ayat Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An-Nahl: 78

5. Mampu menjelaskan kandungan QS Al Baqarah: 30, Al Mukminun : 12-14, Az-Zariyat: 56, dan An- Nahl: 78.

6. Mampu memahami makna dan tugas khalifah seperti terkandung dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al

Mukminun;12-14, Az Zariyah;56, dan An Nahl;78

7. Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az

Zariyat;56, dan An Nahl;78

8. Mampu mempraktikkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az

Zariyat;56, dan An Nahl;78.

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran Peserta didik:

1. Mampu membaca dan mengidentifikasi hukum bacaan pada Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun:

12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik dan benar.

2. Mampu memahami isi kandungan Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An- Nahl: 78 dan melaksanakan tugas sebagai khalifah di muka bumi.

B. Materi Ajar :

1. Q.S. Al-Baqarah; 30

2. Q.S. Al-Mukminun; 12-14

3. Q.S. Az-Zariyat; 56

4. Q.S. An-Nahl: 78

C. Metode Pembelajaran :

Metode pembelajaran yang digunakan adalah Pemodelan, resitasi, tanya jawab, diskusi.

D. Langkah langkah Pembelajaran

Pertemuan Ke-1

1. Kegiatan Pendahuluan :

a. Berdoa

b. Apersepasi dan motivasi

c. Pembagian kelompok

2. Kegiatan Inti :

Eksplorasi


a. Siswa melakukan tadarrus Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An Nahl: 78 dalam kelompok

b. Siswa mengidentifikasi hukum tajwid pada Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S.

Az-Zariyat: 56, dan An Nahl: 78

Elaborasi :

a. Siswa membaca salah satu ayat yang ditunjuk oleh guru secara bergantian.

b. Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang hukum tajwid pada Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al- Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An Nahl: 78

Konfirmasi

a. Siswa menyimak penjelasan guru tentang bacaan dan hukum tajwid Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-

Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An Nahl: 78

3. Kegiatan Penutup

a. Menyusun kesimpulan pembelajaran

b. Penugasan membuat makalah tentang ilmu tajwid

Pertemuan Ke-2

1. Kegiatan Pendahuluan :

a. Berdoa/membaca Basmallah

b. Pengecekan tugas

c. Apersepasi dan motivasi d. Pembagian kelompok

2. Kegiatan Inti :

Eksplorasi

a. Siswa membaca dan menelaah terjemah masing-masing ayat Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-

Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An Nahl: 78 dalam kelompok

b. Dalam kelompok, siswa mengidentifikasi arti masing-masing kata pada Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S.

Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An Nahl: 78

c. Siswa mendiskusikan isi kandungan Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang hukum tajwid pada Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An Nahl:

78

Elaborasi :

a. Siswa mempresentasikan arti masing-masing ayat dan isi kandungan ayat, siswa yang lain menyimak dan menanggapinya.

Konfirmasi

a. Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang arti masing-masing kata pada Q.S Al-Baqarah;

30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An Nahl: 78

b. Siswa menyimak penjelasan guru tentang isi kandungan Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun:

12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An Nahl: 78

3. Kegiatan Penutup

a. Menyusun kesimpulan pembelajaran

b. Penugasan menulis Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An

Nahl: 78 dan terjemahnya.

Pertemuan Ke-3

1. Kegiatan Pendahuluan :

a. Berdoa/membaca Basmallah b. Pengecekan tugas

c. Apersepasi dan motivasi

d. Pembagian kelompok

2. Kegiatan Inti :

Eksplorasi

a. Siswa mendikusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:

1. Apa itu manusia?

2. Siapa manusia?

3. Kenapa manusia diciptakan?

4. Apa tugas manusia?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...